Mangga Gedong Gincu Melejit

Mangga gedong gincu, dengan warna kuning ke merah – merahan, merupakan produk andalan perkebunan Indramayu, Jawa Barat. Mangga ini memiliki ciri khas, bentuk buahnya kecil dan bulat. jika dicium baunya harum.


Saat sedang musim panen seperti sekarang, mangga gedong gincu banyak dijajakan para pedagang di pinggir jalan disekitar wilayah Indramayu. Sehingga kerapkali dijadikan oleh - oleh bagi para pelintas yang sedang melalui jalur pantura diwilayah Indramayu.
Lokasi perkebunan mangga gedong gincu dari Jakarta dapat di tempuh melalui jalan Tol Jakarta – Cikampek. Keluar di pintu tol lalu perjalanan dilanjutkan ke Indramayu melalui jalur Pantura. Lama perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 4 jam.

Begitu mendekati lokasi perkebunan, para pedagang mangga gincu tampak di sepanjang jalan. Jalur pantura. Setelah anda masuk kecamatan Lohbener, desa lohbener banyak pedagang yang mejual mangga di pinggir jalan, di lokasi tidak jauh dari sana ada tempat yang menjual bibit Mangga, serta terdapat perkebun mangga, anda bisa langsung memetik mangga dari pohonya jika musim mangga telah tiba.

Salah seorang petani yang menanam mangga gedong gincu adalah Bapak Ir H Anag Priatna. Dia telah berkebun mangga gincu tahun 1973 lalu, dengan luas lahan mencapai 5 hektar. Pada saat memasuki awal musim panen, sehingga begitu memasuki kebun mangga, buah mangga bertebaran di mana - mana. selain mangga gedong gincu, ada juga jenis-jenis mangga yang lain diantaranya: mangga cengkir, mangga ini ada juga yang menyebutnya mangga dermayu, karena mangga tersebut bayak tersebar di wilayah indramayu, wana daginya kuning kemerah-merahan, dengan daging yang tebal, mangga ini beratnya rata-rata antara 300 sampai 700 gram, dengan biji yang kecil, termasuk mangga unggulan kabupaten indramayu,ada lagi magga gajah, dengan daging yang tebal, dengan beratnya bisa mencapai 1500 gram per buah. mangga harumanis, mangga manalagi, mangga lali jiwo, mangga golek, mangga gedong bangkok, mangga gedong kelapa, mangga kidang.

Berkebun mangga gedong gincu tidak terlalu sulit. Jarak antar tanaman sekitar 8 hingga 10 meter. Sehingga untuk satu hektar lahan dapat ditanam sebanyak 80 sampai 120 pohon mangga. Selain berkebun mangga beliau juga menjual berbagai macam bibit mangga lahan pembibitanya lumbayan luas sekitar 2,5 ha disana terhampar juataan bibit yang siap ditanam, pengiriman bibit tidak hanya untuk memenuhi daerah indramayu saya, kerena banyak juga permintaan dari luar jawa misalnya sumatra, kalimantan sulawesi, dan juga papua, serta sering menjadi konsultan di bidang pertanian terutana tanaman mangga.

Komentar